Jumat, Juni 25, 2010

Keutamaan Surat Al Ikhlas.


بسم الله الرحمن الرحيم


Surat Al Ikhlas
1. Katakanlah : Dialah Allah, Yang Maha Esa,
2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadnya segala sesuatu.
3. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakan,
4. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

Assalamu'alaikum wr wb,

Surat al IKHLAS atau Qulhu terdiri dari 4 ayat yang turun di Makkah,yang berisi tentang Tauhid murni hanya menerangkan ke Esaan ALLAH SWT yang Maha Tunggal dan tiada sekutu bagiNYA tak ada makhluk yang serupa denganNYA dan ALLAH SWT suci tak beranak tiada diperanakan. Surat ini dengan tegas dan lugas membantah orang kafir yang menyatakan Tuhan mempunyai anak atau yang mengaku dirinya anak keurunan Tuhan. Banyak dari orang kafir yang tersadar setelah membaca surat ini.

Teriwayatkan dalam banyak hadits Nabi Muhammad Saw tentang keutamaan surat al Ikhlas ini.

Rasulullah saw bersabda : 'Barangsiapa yang membaca surat al Ikhlas maka seolah olah i membaca sepertiga al Qur'an.'

Ummul Mukminin sayyidah Aisyah Rha menerangkan dari Nabi saw 'Barangsiapa membacanya sesudah sholat Jum'at,surat al Fatihah 7x al Ikhlas 7x al Falaq 7x dan an Nas 7x maka ALLAH SWT akan melindunginya dari kejahatan sampai ke hari Jum'at yang akan datang.'

Dari sayyidina Ali kwh dari Rasulullah saw 'Barangsiapa hendak pergi musafir kemudian ketika hendak meninggalkan rumahnya ia membaca surah al Ikhlas 11 kali maka Allah swt akan memelihara rumahnya sampai ia kembali.'

Banyak ulama yang menganjurkan agar jika hendak menutup pintu rumahnya dimalam hari bacalah surah al Ikhlas 3x dan sholawat Nabi saw 3x maka Allah swt akan mengutus malaikatNya untuk melindungi rumah itu dari kebakaran dan pencurian..insyaallah.

Surat ini dinamakan al Ikhlas yang artinya bersih atau lepas maka barangsiapa yang membacanya dan mengamalkannya dengan hati yang tulus ikhlas maka ia akan dilepaskan dari kesusahan duniawi dan dimudahkan di dalam proses sakaratul maut serta dihindari dari kegelapan dan kegelapan kubur juga hal hal yang mengerikan di hari kiamat kelak.


Allahu a'lam.
Wassalamu'alaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar