Kamis, April 23, 2009

Sombong Sifat Tercela.

Assalamualaikum wr wb,

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia dari air yang hina yang terus meperhatikan hamba-hambaNya yang mengiringi dua malaikat pada setiap manusia yang ditugaskan mencatat amal perbuatan dengan amat sempurna.

Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan nan agung alMusthofa Rosulillah Muhammad bin Abdillah yang mengajarkan kepada kita umatnya dengan doa-doa yang mendekatkan kita kepada Robbulalamin Allah jalawaala.

Takabur/Sombong adalah sifat yang dibenci Allah swt karena bagi manusia tidaklah patut bersifat sombong walau bagaimanapun keadaan orang tersebut,demikianpun dengan manusia tidak akan menyukai sifat sombong.

Dalam AlQur'an surat alMukmin Allah berFirman, yang artinya 'Demikian Allah mengunci mati orang-orang yang sombong dan sewenang-wenang'

Di ayat lain Allah berfirman, 'Maka neraka jahanam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang yang menyombongkan diri'

Nabi bersabda, 'Tidak akan masuk surga orang yang ada kesombongan di hatinya walau sebiji sawi'

Nabi bersabda, 'Ya,Allah aku berlindung kepada Mu dari perasaan sombong'

sombong adalah pengikut syaiton yang dengan sombongnya syaiton tidak mau menuruti perintah Allah untuk sujud kepada Nabi Adam as sehingga terusirlah syaiton dari surga.Sedemikian buruknya sifat sombong di sisi Allah dan juga di mata manusia.Dalam nasehatnya Nabi Muhammad saw kepada sahabatnya Bilal 'sesungguhnya di neraka jahannam terdapat sebuah lembah bernama HABBAH, sudah menjadi hak Allah jika orang yang sombong/Diktator dimasukkan ke lembah itu'.wahai Bilal janganlah kamu termasuk orang yang tinggal di lembah itu..Naudzubillah.

Pembaca yang Budiman janganlah kita sersifat sombong baik kepada manusia apalagi kepada Allah swt dengan tidak mau bersujud menyembahNya dan menentang perintahNya swt juga melanggar laranganNya.

Sombong hanya untuk Allah dalam Hdist Qudsi Allah menjelaskan "Keagungan itu sarungKu,kebesaran itu selendangKu,maka siapa yang menariknya dariKu,Aku akan menghancurkannya"

Demikian
Wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar